Cetak Kartu Informasi Akun SSCN Pendaftaran CPNS 2019/2020

02.31
SSCNAkun.com ~ Cetak Kartu Informasi Akun SSCN Pendaftaran CPNS 2019/2020 | Ada banyak orang yang menganggap bahwa pendaftaran CPNS online itu sulit dan terkadang ada juga beberapa orang yang butuh penjelasan lebih lanjut mengenai cara pendaftaran online CPNS 2019/2020.


Sebelumnya kami juga bagikan beberapa bagian dari rangkaian petunjuk pendaftaran CPNS 2019/2020 dan untuk di kesempatan kali ini akan lebih khusus membahas tentang cara Cetak Kartu Informasi Akun SSCN, mari disimak.

Di era sekarang akan diselenggarakan bukaan CPNS yang formasi dalam jumlah besar yang diantaranya ada juga lowongan yang membutuhkan tenaga muda untuk semua lulusan mulai dari SMA hingga sarjana, seperti yang telah dilaksanakan di bukaan tes CPNS sebelumnya.

Sistem pendaftarannya pun bisa dilakukan dengan cara online tanpa harus repot pergi ke tempat pendaftaran seperti yang dilakukan dahulu (sistem manual) dan dari semua segi memang pendaftaran online dinilai lebih praktis serta hasilnya pun terjamin akuntabel dan transparan.

Di tahap pertama proses pendaftaran online dilakukan di situs resmi pendaftaran CPNS yaitu SSCN BKN dengan alamat di sscn.bkn.go.id, caranya adalah dengan mengunjungi situs tersebut lalu buat akun dan ikuti prosedur pengisian secara urut hingga sampai di tahap akhir adalah mencetak kartu informasi akun SSCN BKN pada pendaftaran CPNS 2019/2020.

Dari yang telah berlangsung pada bukaan CPNS di tahun-tahun sebelumnya, ada masalah klasik yang kerap timbul adalah tampilan page laman SSCN BKN yang tidak tampak sempurna, ini adalah error yang disebabkan oleh beratnya server saat situs kebanjiran pengunjung yang ingin mendaftar CPNS.

Sistem server error ini juga bisa mengakibatkan laman formulir dan pengisian biodata tidak berjalan lancar, namun tenang masalah itu hanya sementara karena nantinya saat pengunjung mulai sepi dan beban server akan otomatis berkurang selanjutnya situs akan mudah diakses seperti sediakala.

Jadi bila hal error itu terjadi maka tak perlu panik atau khawatir akan ketinggalan atau terlambat dalam proses pendaftaran CPNS online, namun sebaiknya saat situs sudah lancar kembali harap lakukan pendaftaran dengan segera karena situs biasanya akan terus ramai pengunjung hingga menjelang waktu penutupan pendaftaran CPNS.

Telah cukup lama memang tidak ada bukaan CPNS, dan kalaupun ada formasi sangat terbatas dan ini berbeda dengan bukaan CPNS yang akan dibuka di tahun 2019/2020 sebab menurut rencana bukaan akaan berlangsung dengan jumlah kebutuhan formasi yang sangat besar hingga ratusan ribu, dan yang terakhir adalah di tanggal 1 Agustus tahun lalu.

Pada bukaan tersebut total yang dibutuhkan adalah 19.210 formasi yakni dengan rincian 1.684 untuk pegawai di Mahkamah Agung dan 17.962 merupakan kebutuhan untuk KemenkumHAM, dan di proses itu saja pelamar hingga mencapai 2 juta orang kurang lebih.

Memang di setiap bukaan tes CPNS selalu berlangsung ketat, dan kabar baiknya sejak dilaksanakannya sistem CAT semua berlangsung lebih terbuka, akuntabel dan juga transparan dan yang belum lulus pun merasa puas karena memang kelulusan didasarkan nilai yang diperoleh disesuaikan dengan Passing Grade yang telah ditentukan.

Dan di awal Pendaftaran bisa langsung cek situs SSCN BKN atau lihat petunjuknya di web SSCNAkun.

Nah sebelum masuk ke cara Cetak Kartu Informasi Akun SSCN Pendaftaran CPNS 2019/2020 maka setiap calon peserta seleksi CPNS haruslah menyelesaikan 7 tahapan yang akan dijelaskan di bawah ini.

Berikut kami akan berikan langkah demi langkah proses pendaftaran CPNS di tahun lalu, sepertinya akan sama di tahun 2019/2020 ini, mari disimak baik-baik.

Tahap Pertama Pendaftaran SSCN BKN CPNS :
Masuk ke url situs pendaftaran CPNS yaitu sscn.bkn.go.id
Lalu lakukan pendaftaran dan isi sesuai dengan petunjuk pengisian.

Tahap Kedua :
Isi biodata seperti gambar diatas dengan lengkap dan data yang sebenarnya
Lalu simpan dan lanjut ke tahap berikutnya.


Tahap Kedua Lanjutan :
Pilih Menu Daftar lalu lanjutkan

Tahap Keempat :
Tentukan formasi dan instansi pilihan, ketahui syarat-syaratnya terlebih dahulu lalu isi data yang sebenarnya kemudian cek lagi dan lagi karena nanti setelah disimpan data tidak bisa lagi di ubah. Pastikan semua sudah benar dan tepat sebelum melanjutkan ke tahap selanjutnya


Tahap Keempat :
Isi biodata pendidikan, jabatan yang dilamar, lokasi kerja, akreditasi perguruan tinggi, akreditasi program studi, no ijasah, IPK, nama sekolah/ nama perguruan tinggi dan lainnya



 Tahap Kelima :
Klik DAFTAR hingga muncul tampilan seperti diatas, ingat data yang sudah terlanjur disimpan tidak dapat dilakukan perubahan lagi.

Tahap Keenam :
Silahkan Cetak Kartu Informasi Akun SSCN Pendaftaran CPNS 2019/2020

Tahap Ketujuh (terakhir) :
Kemudian Selanjutnya Peserta harus mengupload beberapa jenis dokumen termasuk : 
Foto, Ijazah, KTP/Surat Keterangan, Surat Lamaran, Surat Pernyataan, Transkrip /Daftar Nilai (Jika lebih dari 1 lembar dijadikan 1 file, bukan di .zip atau .rar)


Jika selesai, selamat anda telah menyelesaikan proses pendaftaran online, dan sekali lagi kami ingatkan untuk mengisi data yang sebenarnya dan jangan sampai salah sebab data inilah nantinya yang akan diambil saat peserta lulus tes CPNS dan akan dilantik sebagai Calon PNS di tahun 2020.

Terima kasih dan semoga bermanfaat.